Sabtu, 16 Juli 2016

Pencarian Jati Diri

Jika kamu tidak tahu masa silammu, tidak tahu Mbah-mbahmu  ,tidak tahu Buyutmu maka kamu tidak akan tahu dirimu, pencarian akan sejarah adalah pencarian akan diri kita sendiri. tetap mencari walau tulisan disini belum tentu benar tapi paling tidak mencari yang mendekati kebenaran melalui rasional rasional,

Pada mulanya si penjajah yang pada saat itu disebut londo atau belanda (yang kelihatan) tidak ingin Indonesia mempunyai sosok pahlawan sejati masa lampau sehingga generasi selanjutnya menjadi buta dan menjadi tidak punya panutan lalu menjadi mudah untuk dibodohi dan terjajah sampai sekarang.

 Seluruh khasanah yang terangkum di Indonesia itu lebih luas daripada yang terangkum di dunia, indonesia versus dunia masih kaya Indonesia ya alamnya, kebudayaannya, kekayaannya, musiknya lan sakpiturute.

Kerajaan tertua di Bali adalah Klungkung Hijrah dari Mojopahit ke Bali, setau saya orang Bali 90% keturunan Jawa, Bali Asli ada namun kebanyakan di bagian timur.

Mojokerto dulu adalah Mojopahit,ingat ingatlah Erlangga, ayahnya adalah Dharmawangsa Teguh, Salah satu raja yang berani ekspansi keluar Jawa pada saat itu, di gunung Penanggungan, di pemandian Jolotundo, artinya Dharmawangsa Teguh,Erlangga sampai Raden Wijaya membangun kekuasaan telatah Mojokerto dan Jombang (dulu jadi satu) melalui tirakat ,penelitian dsb...

*Mojopahit hancur bukan karena Islam seperti yang didengungkan banyak orang.
1. Dihancurkan oleh perang internal sendiri (diluar islam ) yaitu hindu buddha, karena struktur kosmologi bahwa di Jawa tidak boleh ada matahari kembar, jadi kalau satu kerajaan kalah maka harus dihancurkan semuanya sampai habis, makanya setelah Pajang kalah juga hilang, lalu kuthogedhe dipindah ke kertosuro juga di bumihanguskan, setelah Majapahit hancur yg menguasai Jawa adalah Njapan ,itu tetap anak turun Raja Majapahit, itu kenapa kok tidak dipegang sama sekali oleh Demak,karena demak sendiri mengakui bahwa mbah buyutnya adalah Mojopahit, dan dibiarkannya Mojokerto tetap HinduBuddha tidak diusik sama sekali, baru setelah yang berkuasa bukan dari trah bapak buyutnya raden patah, karena dihancurkan oleh kediri yang bernama Girindra Wardhana, maka di dihancurkanlah Majapahit oleh Demak.
2. Sesudah itu penguasa Njapan saat itu adalah Tumenggung Kanjuruhan/Pangeran Kanjuruhan, setelah itu Pangeran Timur ,berlangsung sampai Mojokerto dikalahkan oleh Sultan Agung yaitu Mataram, dan menunjuk orang dari mataram menjadi penguasa di Mojokerto. Di Mojokerto pernah terjadi beberapa peristiwa penting, pertama; Sunan Giri pernah mendamaikan perang konflik antara Mataram (senopati) dengan Bupati-Bupati Bang Wetan (Jatim) , saat senopati membangun kekuasaan mataram ,dia menginginkan semuanya tunduk tapi bupati di Jawa Timur tidak mau tunduk karena merasa nasabnya lebih tinggi, anak turun langsung dari mojopait, Raja Brawijaya, Sultan Demak. kedua ; ingin menempuh jalan ingin dilantik menjadi penguasa tanah Jawa, yang harus melantik pada saat itu adalah pemimpinnya para wali sesudah meningglnya Sunan Ampel adalah Sunan Giri, tapi Sunan Giri tidak mau maka bergeraklah pasukan Mataram ke Jawa Timur dan dihadang di Mojokerto ,lalu sunan Giri turun tangan dengan mengirim santrinya membawa batikan agar tidak terjadi banjir darah maka 2 pemimpinnya yaitu keturunan Ki Gedhe Pamenahan sama keturunan Sunan Ampel yaitu Wiryatrama (Bupati Surabaya) didamaikan di Njapan, dua-duanya disuruh memilih yaitu memilih isi atau wadah, lalu Senopati mempersilahkan yang lebih tua memilih dulu, dan Wiryatrama memilih isi, lalu disuruh pulang oleh sunan Giri, dan setelah itu menterjemahkan, pilihan Senopati benar menjadi wadah yaitu penguasa, dan isi adalah rakyatnya. Sesudah itu Mojokerto tetap menjadi kekuasaan Mataram, dan Mataram pecah menjadi Jogjakarta dan Surakarta, dalam perjanjian Gianti atau disebut perjanjian Palianegari / pembagian Negara Dan pembagian negara juga sebelumnya pernah terjadi, yang pertama yaitu Airlangga untuk 2 anaknya minta bantuan Empu Barada menurut cerita memakai kendi terbang sehingga menjadi Kali Brantas, Sebelah wetan/Timur Jenggolo Sebelah Kulon /Barat yaitu Doho.

* Pangeran Kanjuruhan adalah anak Raden Patah, adiknya Sultan Trenggono, dengan ibu yang berasal dari Mojosongo daerah Brebes, setelah berkuasa disini pangeran Kanjuruhan menjadi Raja di Sumenep, ada makamnya disana.

* Mojokerto dianggap memiliki kekuatan sebagai pusat keraton,yaitu pasca perang 10 November, Ibukota pindah ke Mojokerto, yaitu pertama kali rekonstruksi Tentara Nasional, dari BKR menjadi Tentara Republik Indonesia, dan pertama kali dibentuk Polisi Tentara Republik Indonesia yang nanti akan menjadi korps CPM.

* Pada tahun 1927 Belanda mencetak kidung Sunda diceritakan dimana kerajaan Sunda dimana patih bersama pasukannya dihabisi Gajahmada di Bubat, dibikin Belanda untuk mendeskritkan Gajahmada , dulu tidak bolah ada tokoh yang dibanggakan karena dikhawatirkan menjadi cikal bakal perlawanan terhadap kolonial, karena di seluruh naskah di Sunda tidak pernah ditemukan perang Bubat, makanya di Bandung tidak ada jalan Gajahmada, jl. majapahit atau jl.Hayam Wuruk bertujuan untuk memecah belah Jawa dan Sunda. Kenapa tidak ada bubat? logikanya Raden Wijaya didirikan orang Sunda ,dia menantu Kertanegara, dimana bapaknya menikah dengan putri Sunda,  mulai kecil di Sunda lalu datang ke Jawa diambil mantu oleh Kertanegara.

* Ada sebuah cerita fiktif bikinan penjajah, campuran antara catatan-catatan kerajaan lama diselipi cerita bohong dan sekarang terkenal dengan sebutan pararaton , pararaton banyak menceritakan Ken Angrok atau Ken Arok padahal di banyak catatan lain,prasasti dan naskah manapun tidak ada nama itu, itu ditulis tahun 1920 ketika mulai muncul pergerakan pergerakan nasional. Dimana peloprornya orang orang mulai  Diponegoro yaitu orang keraton semua, mereka punya semangat kita keturunan orang Mojopait, sejak itu dibikinlah cerita Ken Angrok, agar rakyat yang membanggakan Raja raja Mojopait orang Jogja, Surakarta, Mangkunegaran yang sebetulnya keturunan Singosari diceritakan keturunan Ken Angrok yang penjudi, anak pemabuk, pembunuh dan pemerkosa. Pendiri Dinasti sebenarnya adalah Rangga Radjasa Sang Amurwa Bhumi, ditulis sendiri oleh cucunya Seminingrat Wisnu Wardhana, Raja Singosari dalam prasasti Mulamanurung, juga tertulis anak Rangga Radjasa adalah Anusa Nata atau Anusapati (bapak Seminingrat Wisnu Wardhana) sedang di Pararaton Anusapati anak Tunggul Ametung,yang mana Tunggul Ametung adalah rekayasa, termasuk Tohjoyo dan Ken Umang juga sebenarnya tidak ada. Di negarakertagama lah yang fakta, begitu juga serat Dharmogandul dan Gatholoco juga karangan belanda semua. Ada di Babad Kedhiri dimana yang sebenarnya mendatangkan dukun yang kesurupan Buto Locaya dan mendongeng lalu dicatat dan diberi penjelasan dan dicetak jadi buku disebut Babad Kedhiri.

* Tidak ada kaitan Mojopait hancur karena Islam, memang pernah terjadi bentrok dan salah paham yang membuat anak Brawijaya  V yang ke2 waktu itu jadi Pangab nya Mojopait, Tawur membunuh bapak Sunan Kudus yaitu Sunan Ngudung, bukan karena perang politik tapi karena kesalahpahaman pribadi, beberapa saat kemudian Sunan Kalijogo mengutus Sunan Kudus dengan 9 orang prajuritnya dengan pakaian putih putih dan bendera putih beserta kuda putih datang ke Mojopait, untuk memberi surat Kalijogo kepada Brawijoyo V isinya bahwa rombongan yang dipimpin Sunan Kudus ini memaafkan bahkan tidak mempersoalkan matinya bapak sunan Kudus bahkan mengajak bekerja sama, pada saat itulah banyak orang orang keraton masuk Islam, dan bahkan istri Brawijoyo paling cantik pun mendahului masuk Islam dan dicerai Brawijaya, dinikahi oleh Sunan Kudus, sampai akhir hayatnya.
 
*  Ada tahun kosong thn 1398 sampai 1502 misalnya ,lalu cari Sirno Ilang kertaning bumi, sirno ilang kertaning jawi, ada yang menyebut Mojopait tidak hancur, tapi disembunyikan dan dikubur oleh sesepuh dan orang sakti karena tahu dengan perampokan2 yang akan dilakukan Eropa, Girindra Wardhana Kedhiri memang tidak pernah takluk kepada Mojopahit dan kedhiri bukan bagian dari Mojopahit selama masih ada Mojopahit, begitu mojopait lemah diserbu dan dihabiskan , lalu ada gubernur yang namanya Nyu Lai Wa ,setelah Demak berdiri, karena rakyat menyuruh membangun Majapahit tidak bisa maka dibunuh sendiri oleh rakyatnya. Anak Brawijoyo aslinya belum ada yang tau yang terdeteksi hanya 117, Raden Patah anak ke 18, Pangab nya adalah kakak Raden Patah anak nomer 2,  lalu pangabnya tersebut bedol desa lalu buat keraton di Kesultanan Glagahwangi Demak, juga jadi pangab di Demak setelah 2 tahun pensiun, karena telah menyesali telah membunuh bapak Sunan Kudus, pensiun dini dan pergi ke selatan di daerah Bantul Jogja, menyepi, bertapa dan zuhud, menyebut dirinya Panembahan Kudu, ada makamnya disana.

* dari Demak, Pajang, Pangeran Benowo menyepi dan diambil alih Ngabei Loring Pasar,dan pangeran Benowolah yang mengambil kekuasaan terakhir Jawa walaupun konstitusinya beralih dari Hindu Buddha menjadi Mataram Islam, Singkat kata Mataram Islam dari senopati sampai Sultan Agung sampai Amangkurat terus sampai perjanjian Gianti, sampai jadi keraton Pakubuwanan dan Hamengkubuwanan kemudian Mangkunegaran dan Pangkualaman, dan terakhir keraton keraton Islam Jawa ini dihancurkan karena di dunia ini semua sepakat semua Raja di kulon,Lor, Etan dan Kidul, ini sampai ke Sultan Hamengku buwono 10 setahun yang lalu membikin sabda raja pokoknya suatu inisiatif dan tindakan yang menghilangkan dimensi Islam dari paugeran keraton, mengganti hamengku buwono menjadi mangku bawono,lalu menghilangkan sayyidin panotogomo ,khalifatulloh ing bumi mataram hilang, lalu ada de islamisasi dankeraton jogja 90% sudah tidak dikuasai orang Islam, dan pembiayaan sabda raja ini ada uang yang dikirim ke sana sebanyak 21 juta US Dollar ,dan yang bawa uang ini kaget dan bersaksi bahwa tidak tahu menahu bahwa sebenarnya untuk menghilangkan Islam dari Keraton.Namun tidak perlu khawatir karena ada keyakinan bahwa Allah sedang menyiapkan sesuatu melawan kejahatan entah melalui entah siapa.

Kesimpulan : sebenarnya dari dulu kita dijajah wong barat, mulai abad 14 keatas, dijajah artinya barang diambil alih, kebun direbut, pikiran dibujuki, ilmu pengetahuan ditutup-tutupi, dan itu berlangsung sampai saat ini, bukan berarti londo cuma dulu saja, karena ekarang londo sudah koalisi dan bersekutu, bahwa yang dibaca di buku-buku yang dikampus dan berita sekitar 70% dibohongi, bahkan saat ini isu PKI dan isu-isu teror bom dll adalah buatan mereka sendiri, ibarat rumahmu hendak dicuri dan ada yang memberi kue ke rumahmu padahal si pemberi kue adalah pesuruh dari pencuri tersebut, bahkan penjajahan sekarang lebih parah dan canggih, seluruh isu perpolitikan jangan dipercaya karena juga buatan penjajah, hanya jangan mudah dibohongi dan jangan percaya, kita punya Majapahit dan kerajaan lainnya kenapa kita tidak meneruskan,berarti pemerintah sekarang adalah tetap pemerintahan di dalam cengkeraman alam pikiran penjajah, sekarang Londo kerjasama dengan Arab dan Israel lalu kita sekarang disuruh menjelek2kan Syiah karena Syiah tidak bisa dikalahkan oleh Amerika dan Israel, sementara yang membiayai perdana mentri Israel adalah dari Arab sendiri, mari kita cari bersama sama mencari apa yang benar, bukan siapa yang benar, karena siapa yang benar hanya milik Kanjeng Nabi Muhammad kalau lainnya mungkin salah, karena Kanjeng Nabi Maksum, dijaga total oleh Allah.

Islam itu adalah ilmu dan kearifan untuk mengolah segala hal menuju kebenaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar